openSUSE 11.2 Milestone 4

opensuse-11-2openSUSE.org telah mengumumkan rilis terbaru untuk openSUSE 11.2 yang versi finalnya akan dirilis pada bulan November 2009. Update dan perbaikan yang dilakukan meliputi berbagai paket aplikasi, termasuk diantaranya adalah update untuk KDE, GNOME, NetworkManager, Samba, YaST, dan berbagai paket aplikasi lainnya.

Perbaikan Dari Versi  Milestone 3

Cukup banyak perbaikan yang diimplementasikan sejak rilis Milestone 3 yang lalu, diantaranya adalah feature instalasi melalui iso live CDs yang dideploy ke USB — feature yang cukup penting untuk para pengguna Netbooks yang tidak memiliki CD atau DVD. LiveCD juga menyertakan Midnight Commander (MC) secara default sesuai dengan vote melalui milis. Selain itu, aplikasi  YaKuake disertakan secara default. Dari sisi tampilan, YAST mengalami perubahan desain tampilan dengan kemampuan penyesuaian tampilan control-center yang mirip dengan setting control center KDE 3. Perubahan lainnya adalah :

  • Linux kernel 2.6.30.2
  • CUPS 1.3.10
  • NetworkManager 0.7.1
  • Samba 3.4.0
  • Firefox 3.5
  • KDE 4.3 RC1
  • Qt 4.5.2
  • Qt Creator 1.2
  • Seamonkey 2.0a3
  • VirtualBox 3.0 beta 2

Beberapa screenshot tampilan dapat dilihat  disini.

Most Annoying Bugs

Meski berjalan lancar, masih ada beberapa bug yang perlu dipertimbangkan saat hendak mencoba openSUSE 11.2 Milestone 4 ini, antara lain berupa :

  • Bug #525243: Jika booting live CD menggunakan VirtualBox, resolusi saat start akan terkunci pada resolusi 800×600.
  • Bug #522025: Pada running awal, X Windows tidak dapat secara sempurna tampil di VirtualBox. Solusi : Pindah ke virtual console (Ctrl+F1) dan kemudian kembali lagi ke GUI (Ctrl+F7).
  • Bug #525094: Beberapa paket tidak disertakan pada  KDE live CD, termasuk plasma-addons dan OpenOffice_org-kde4.
  • Bug #496505: Live-CD tidak dapat boot dari USB (jika dideploy ke USB) jika ada CD-ROM drive.
  • Bug #515529: Ada kotak pesan kesalahan saat konfigurasi bootloader. Abaikan saja, karena proses instalasi tetap sukses.

Kesalahan diatas akan langsung diperbaiki untuk rilis Milestone 5, sedangkan progressnya dapat diakses melalui wiki.

Download

Silakan download openSUSE 11.2 Milestone 4 melalui mirror-mirror lokal yang sudah menyediakannya, diantaranya :

  1. http://mirror1.opensuse.or.id/distribution/11.2-Milestone4/iso/
  2. http://mirror.unej.ac.id/opensuse/distribution/11.2-Milestone4/iso/

7 Responses for “openSUSE 11.2 Milestone 4”

  1. rizqan says:

    numpang nanya??? kira-kira kapasitas filenya berapa MB ya??? makasih ^_^

  2. cek says:

    Suhu,

    Apa OS 11.2 ini Xdekstopnya belum ready ya. Kok waktu install blank (console only).
    Atau saya yg salah ya 😀

    Thx

    r’cek

  3. dory says:

    saya mo tanya, apa kedepannya opensuse dapat digunakan pada benq joybook s33, kalo bisa saya akan langsung install. karena pada pengalaman sebelumnya saya menggunakan mint 7, mandriva 2009.1, pclinuxos 2009 itu ada problem di keyboardnya, dimana setiap baru mo login pasti keyboard n touchpad tidak berfungsi, sehingga saya harus menggunakan mouse untuk mensuspendnya, setelah disuspend kemudian power saya nyalakan lagi, baru keyboardnya berfungsi dan touchpad terkadang masih tidak mau berjalan.. apakah semua permasalahan ini ada pada opensuse.
    sebagai info saya kembali menggunakan windows karena lebih compatible dan tidak repot, padahal saya ingin sekali menggunakan linux..
    mohon bantuannya..

  4. @rizqan: cek langsung ke TKP Gan. http://mirror1.opensuse.or.id/
    @cek: dari jalan2 sekilas ke markas opensuse.org, tidak ada keluhan ttg xdesktop. tetapi apabila muncul masalah seperti, ya harap maklum. namanya jg milestone, masih development. mungkin ada masalah dgn Graphic sampeyan yg ndak kompatibel.
    @dory: dr http://en.opensuse.org/HCL/Laptops/Other dpt dilihat bahwa opensuse sudah memberikan dokumentasi ttg moyang laptop mas. seharusnya ke depan diharapkan tetep support. btw, back to windows is not bad idea, tapi jangan menyerah dulu. keep trying, keep searching, keep with opensource.
    semoga membantu. 😀

  5. dory says:

    nanti kalo dah smpe versi final, saya akan coba lagi… tpi kalo bisa menemukan solusinya.. saya ucapkan makasi.. karena saya dah mencari melalui forum dan blom ada pemecahannya khususnya yg berkaitan dengan ubuntu, mandriva, pclinux, dll dengan benq joybook s33.

  6. Numpang nanya dong,
    Jika saya memakai openSUSE 11.2 saat ini sebagai production server untuk backup data Raid1 + LAMP + Samba + Dansguardian OK nggak atau lebih baik saya memakai 11.1 yang sudah stabil? Terima kasih.

  7. Thaks banget atas segala ilmu yang diberikan, saya akan coba dulu.

Comments are closed

Tutorial

Tutorial openSUSE

Archives

Copyright Komunitas openSUSE Indonesia 2007-2012
Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes