Rilis openSUSE 11.2

opensuseSetelah menunggu beberapa tahapan milestone dan release candidate, openSUSE 11.2 secara resmi dirilis pada tanggal 12 November 2009. openSUSE 11.2 merupakan hasil  pertama dari perubahan siklus pembuatan selama 8 bulan. openSUSE versi sebelumnya dirilis dalam proses development 6 bulan. Perubahan waktu & fase pembuatan ini diharapkan dapat memberikan kualitas yang teruji, yang terbukti dengan banyaknya respon positif selama versi milestone dan release candidate.

Perubahan mendasar terdapat pada penggunaan versi stabil dari desktop GNOME, KDE, XFCE dan berbagai update pada aplikasi perkantoran OpenOffice.org, browser Firefox (kini menjadi default dan terintegrasi dengan KDE), penggunaan kernel terbaru 2.6.31 dan perubahan mendasar pada themes yang didominasi warna kuning kehijauan yang terdapat pada KDE 4.3.  Screenshot tampilan dapat dilihat melalui halaman  screenshots.

Apa saja sih perubahan-perubahan dan perbaikan yang dilakukan pada openSUSE 11.2. Mari kita lihat satu persatu :

openSUSE Desktop

Mulai openSUSE 11.2, KDE secara default menjadi pilihan instalasi desktop. Meski demikian, terdapat opsi untuk memilih desktop environment lain semacam GNOME dan XFCE, termasuk pilihan instalasi minimal XWindows dan instalasi Text Mode yang umum dipakai untuk keperluan server. Versi LiveCD juga tersedia untuk openSUSE berbasis KDE atau openSUSE berbasis GNOME dengan opsi tambahan openSUSE LiveCD berbasis LXDE (dibangun menggunakan tools remastering SUSE Studio).

Feature-feature utama KDE 4.3 yang terdapat pada openSUSE 11.2 dapat dibaca pada artikel “Sneak Peeks at openSUSE 11.2: KDE 4.3 Experience, with Luboš Lu?ák” sedangkan untuk GNOME dapat dibaca pada artikel “Sneak Peak at openSUSE 11.2 : GNOME 2.28″

Perbaikan pada KDE mencakup update pada KNetworkManager yang tampil lebih baik dan integrasi Firefox dan OpenOffice, termasuk peningkatan kompatibilitas antara OpenOffice.org 3.1 dengan Microsoft Office serta feature tracking, collaboration pada OpenOffice Writer. Dukungan pada layanan Social networking dipenuhi melalui aplikasi Gwibber, dan Choqok.

openSUSE 11.2 juga menyediakan hybrid iso, yang dapat digunakan untuk instalasi melalui CD/DVD ROM dan dapat dijadikan sebagai media instalasi berbasis USB dengan satu langkah mudah.

Tidak ketinggalan adalah dukungan openSUSE 11.2 pada netbooks sehingga penggunaanya jauh lebih ringan dan cepat.

Sebagai salah satu distro yang terkenal dengan pengaturan dan manajemen sistem yang baik melalui tools YAST, untuk pertama kalinya openSUSE 11.2 juga menyediakan fasilitas manajemen sistem melalui web menggunakan YAST  versi web. Tambahan feature ini membuat penanganan sistem menjadi lebih terintegrasi

Media and Download

openSUSE versi ISO kini sudah dapat didownload pada server utama maupun server mirror, termasuk server mirror di Indonesia. Pilihan download tersedia dalam berbagai bentuk, antara lain :

  • openSUSE 11.2 Installable DVD 32-bit
  • openSUSE 11.2 Installable DVD 64-bit
  • openSUSE 11.2 GNOME 32-bit Live CD
  • openSUSE 11.2 GNOME 64-bit Live CD
  • openSUSE 11.2 KDE 32-bit Live CD
  • openSUSE 11.2 KDE 64-bit Live CD

Booting openSUSE 11.2 dari USB Flash Disk :

  1. Siapkan Flash Disk, backup datanya karena akan dikosongkan
  2. Download LiveCD ISO diatas
  3. Buka konsole, masuk sebagai root dengan perintah su
  4. Check posisi Flash Disk dengan perintah fdisk -l (misalnya diketahui Flash Disk ada di /dev/sdc)
  5. Gunakan perintah berikut untuk membuat LiveUSB :
dd if=image.iso of=/dev/sdX bs=4M

Download openSUSE 11.2
Alamat Download :
  1. Mirror Utama Komunitas openSUSE Indonesia : http://mirror1.opensuse.or.id/distribution/11.2/iso/
  2. Mirror Kambing-Universitas Indonesia : ftp://kambing.ui.ac.id/iso/opensuse/11.2/iso/

34 Responses for “Rilis openSUSE 11.2”

  1. mencoba says:

    saya pengguna ubuntu linux selama ini, kebetulan ada PC nganggur mo coba release 11.2 ini. ISO udah selesai di download.

    mau tanya, repo lokal untuk release 11.2 ini udah ada belum ya ? di mana ?

  2. mencoba says:

    makasih bos vavai

  3. Sahroni says:

    Saya menggunakan opensuse 11.1, bagaimana caranya jika ingin menggunakan opensuse 11.2, apakah harus install ulang, atau bisa update secara online seperti di ubuntu?

  4. Vavai says:

    @Mencoba, sama-sama

    @Sahroni,

    http://lizards.opensuse.org/2009/10/01/updating-in-place-from-opensuse-11-1-to-11-2/

    Jangan lupa mengganti repo online pada artikel tersebut menjadi repo lokal/dvd