Liputan Pertemuan Bulanan #20 Komunitas openSUSE Indonesia

Pertemuan bulanan atau Kopdar ke-20 Komunitas openSUSE Indonesia sesuai rencana diadakan pada hari Sabtu, 24 April 2010 di Bekasi. Pertemuan ini mengagendakan beberapa pembahasan, antara lain :

  1. Simulasi Instalasi & Konfigurasi Samba PDC + OpenLDAP pada openSUSE 11.2
  2. Simulasi Instalasi & Konfigurasi Server High Availability & Fail Over pada openSUSE 11.2

Pertemuan dihadiri sekitar 25 peserta dari berbagai tempat, 4 diantaranya merupakan peserta dari Bandung.

Berbeda dengan pertemuan sebelumnya yang diawali dengan perkenalan antar peserta, pertemuan kali ini dibuka langsung dengan simulasi instalasi openSUSE versi server. Pilihan ini diambil karena proses instalasi membutuhkan waktu beberapa menit (lk 15 menit) dan saat instalasi ini bisa dimanfaatkan untuk perkenalan dan diskusi awal.

Proses instalasi openSUSE yang disiapkan menjadi server merujuk pada “Tutorial instalasi openSUSE 11.2 Versi Server Berbasis GUI”. Pada sesi ini dijelaskan juga soal perbedaan antar desktop environment (KDE, Gnome, XFCE, LXDE, Minimal System dan Text Mode) serta alasan-alasan dan pertimbangan mengapa kita memilih salah satu desktop environment, termasuk penjelasan mengapa sebagian besar Administrator lebih prefer menggunakan pilihan text mode untuk server.

Sesi ini juga menjelaskan mekanisme pembuatan partisi, opsi implementasi RAID, penentuan partisi swap, konfigurasi LAN, repository dan persiapan awal setting sistem sebagai server.

Simulasi dilanjutkan dengan panduan instalasi dan konfigurasi Samba PDC+OpenLDAP secara mudah pada openSUSE. Semua proses dilakukan dalam bentuk wizard dan kurang dari 20 menit semua proses konfigurasi selesai dilakukan, termasuk simulasi join domain klien Windows menjadi member domain Samba PDC+OpenLDAP. Peserta pertemuan mengikuti simulasi ini melalui buku panduan yang diberikan pada tiap peserta. Simulasi ini bisa menjadi gambaran bagi peserta, bagaimana mudahnya proses konfigurasi Samba PDC+OpenLDAP untuk menggantikan Windows Domain Controller, Domain Logons dan File Server dengan server berbasis Linux openSUSE.

Selesai simulasi tahap pertama dan diikuti diskusi dan pertanyaan dari peserta, acara break sebentar untuk makan siang dan Shalat Dzuhur. Alhamdulillah, tidak ada peserta yang kehabisan makanan, :-D

Simulasi tahap kedua berupa instalasi dan konfigurasi Linux High Availability & fail Over Server menggunakan aplikasi DRBD (Dynamic Replicate Block Device) dan Heartbeat pada openSUSE 11.2. Simulasi dilakukan mulai dari awal, yaitu instalasi DRBD dan Heartbeat menggunakan paket dari openSUSE Build Service, kemudian dilanjutkan dengan konfigurasi DRBD, testing DRBD, konfigurasi Heartbeat, testing Heartbeat dan terakhir integrasi DRBD dengan Heartbeat.

Selesai simulasi dan diskusi mengenai hasil simulasi, pertemuan dilanjutkan dengan agenda terakhir yaitu pemilihan ketua Komunitas openSUSE Indonesia periode 2010-2011. Terpilih sebagai ketua, yaitu Andi Sugandi, mantan ketua openSUSE Indonesia perwakilan wilayah Bandung. Alam Aby Bashit, salah seorang openSUSE Ambassador  diposisikan sebagai wakil ketua  sedangkan untuk Sekjen dipercayakan pada Wahyu Darmawan

Acara yang diestimasikan selesai pada pukul 13.00 WIB berakhir hingga pukul 15.00 WIB. Acara diakhiri dengan pembagian DVD openSUSE/SUSE Linux Enterprise Server sesuai dengan konfirmasi yang dilakukan pada saat registrasi.

Modul panduan yang digunakan pada saat simulasi dapat didownload pada link berikut ini :

  1. Tutorial openSUSE 11.2 Versi Server Berbasis GUI
  2. Panduan Instalasi & Konfigurasi Samba PDC + OpenLDAP Pengganti Windows Domain Controller, Domain Logons & File Server pada openSUSE 11.2
  3. Panduan Instalasi & Konfigurasi Linux High Availability & Fail Over Server pada openSUSE

8 Responses for “Liputan Pertemuan Bulanan #20 Komunitas openSUSE Indonesia”

  1. bosi_mn says:

    wah, nyesel juga gak bisa datang, karena gak tahu ada acara kopdar, dan keburu udah ada janji penting yg gak bisa dibatalkan.. tapi thanks berat utk mas vavai, yg nyempetin kasih kabar pagi2nya..
    materi2nya mantabs dan sekaligus ada acara pemilihan ketua baru periode berikutnya.. bener2 nyesel gak bisa datang.. mudah2an next kopdar bisa ikut..
    selamat bertugas kepada rekan2 yg baru terpilih.. semoga komunitas opensuse terus maju..

  2. dedi says:

    Kopdar selanjut nya saya mesti ikut ah,pengen bgt nyobain kopdar,,gimana rasa nya ya? :d

  3. Sayid Zerry says:

    Saya ada masalah di FileServer saya, menggunakan OpenSuse awal2 saya dengan mudah sharing folder dari Win Xp ke OpenSuse, kemudian tiba2 tidak bisa, setelah saya telusuri ada perubahan penempatan media. Yang tadinya di di \media\disk menjadi \media\disk-1, dan saya coba rubah di user untuk aksesnya bisa, \media\disk-1 bahkan user tidak bisa copy data atau create folder, disebabkan menjadi Read Only,
    Mohon bantuan Teman2 agar saya bisa mendapatkan solusinya..???

  4. init7 says:

    @Sayid Zerry
    coba cek file /etc/fstab
    pastikan untuk media yg ter-mount itu hak akses nya sudah disesuaikan dengan user dan group anda, misalnya dibagian attribute ada seperti ini:

    uid=sayid,gid=users,fmask=133,dmask=022,locale=en_US.utf8 0 0

    uid dan gid akan menset ownership dari file dan direktori di media yg termount, sementara fmask dan dmask akan menset permissionnya

  5. purwanto says:

    tertarik untuk mencoba server suse berbasis GUI, maklumlah kalo berbasi teks gak nutut ilmunya

  6. Mau ikutan, tapi tak punya ongkos tuk beli tiket :D
    Adakah dermawan yang mau menyumbang ? hahahaha

  7. hans says:

    untuk open suse bisa di cloning gk ya….

Leave a Reply

Tutorial

Tutorial openSUSE

Archives

Copyright Komunitas openSUSE Indonesia 2007-2012
Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes