Akses Command Line dengan Retractable Terminal

Salah satu kekuatan Linux yaitu ada di command line-nya. Segala macam perintah bisa dijalankan dari user interface yang minimalis ini. Setiap desktop memiliki versi aplikasi konsol-nya masing-masing, misalnya Konsole untuk KDE dan GNOME Terminal untuk GNOME.

Selain kedua aplikasi tadi ada lagi yang namanya retractable terminal. Seperti namanya, aplikasi terminal ini dapat dibuka / ditutup secara cepat dengan menggunakan shortcut key tertentu. Pekerjaan kita pun akan lebih efisien karena akses ke CLI dapat dipanggil setiap saat dan tidak memenuhi taskbar.

Tutorial ini diterapkan untuk openSUSE 11.2 akan tetapi dapat diterapkan juga di versi lainnya dengan sedikit penyesuaian.

Pemasangan

Pastikan aplikasi retractable terminal ini sudah terpasang.

Untuk pengguna KDE periksa apakah Yakuake sudah terpasang dengan perintah:

sudo zypper in yakuake

Apabila sudah akan ada pesan seperti ini:

alam@susebox:~> sudo zypper in yakuake
Loading repository data...
Reading installed packages...
'yakuake' is already installed.
...

Apabila yakuake tidak ditemukan (yang rasanya tidak mungkin kalau anda menggunakan repo standar :D) gunakan 1-Click Install ini.

Untuk pengguna GNOME periksa apakah Guake sudah terpasang dengan perintah:

sudo zypper in guake

Apabila sudah akan ada pesan seperti ini:

alam@susebox:~> sudo zypper in guake
Loading repository data...
Reading installed packages...
'guake' is already installed.
...

Apabila Guake tidak ditemukan gunakan 1-Click Install ini.

Menggunakan Yakuake

Jalankan aplikasi Yakuake yang tadi anda pasang. Bisa ditelusuri dari menu atau gunakan fungsi Run Application dengan menekan tombol ALT+F2 dan ketikkan nama aplikasi tadi: yakuake.

Run command Yakuake

Anda akan mendapatkan jendela terminal dengan background putih dan jendela konfirmasi seperti ini:

Yakuake first run

Klik OK untuk menutupnya. Jendela terminal yakuake sudah terbuka. Sekarang coba tekan tombol yang disebutkan tadi, yaitu F12. Jendela terminal tadi akan menutup ke atas. Tekan F12 akan membuka kembali jendela tadi.

Terminal ini berfungsi sama seperti halnya Konsole. Anda bisa menambah tab, berpindah tab, menutup tab dan melakukan pengaturan lainnya seperti mengatur warna background dan juga ukuran jendela.

Menggunakan Guake

Jalankan aplikasi Guake yang tadi anda pasang. Bisa ditelusuri dari menu atau gunakan fungsi Run Application dengan menekan tombol ALT+F2 dan ketikkan nama aplikasi tadi: guake.

Akan ada jendela notifikasi yang memberitahukan bahwa Guake sudah berjalan. Cara penggunaanya tidak berbeda dengan Yakuake. Gunakan tombol F12 untuk membuka dan menutup jendela terminal tersebut.

Seperti halnya dengan Yakuake anda juga bisa mengatur jumlah tab yang digunakan, mengatur ukuran jendela, mengganti background dan tentu saja apabila diinginkan mengganti tombol yang digunakan untuk mengaktifkan jendela Guake.

Have fun!

1 Response for “Akses Command Line dengan Retractable Terminal”

  1. blackshirt says:

    nice article..
    ada lagi yang lebih independent.. tilda

Leave a Reply

Tutorial

Tutorial openSUSE

Archives

Copyright Komunitas openSUSE Indonesia 2007-2012
Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes