Load module Otomatis Ketika Boot

Setiap kali ingin menggunakan handphone Nexian C900 saya sebagai modem, saya harus load manual dulu module-nya dengan command modprobe. Masih mending di openSUSE tinggal load. Kalo di Windows saya mesti ngubek-ngubek Google dulu karena entah kenapa driver-nya tidak disertakan…

Tapi kalau sering pakainya tentunya repot kalo mesti menjalankan command ini setiap kali ingin internetan. Lalu, adakah cara supaya module-nya di load setiap kali boot? Tentu saja ada.

Tutorial ini menunjukkan kepada anda bagaimana caranya agar module kesayangan anda diload otomatis setiap boot. Meskipun tutorial ini ditulis menggunakan versi 11.3, akan tetapi langkah-langkahnya juga dapat diterapkan di versi 11.X lainnya.

Langkah pertama kita harus mengetahui nama module yang ingin kita load. Dalam contoh ini saya membutuhkan module usbserial dengan dua argumen yaitu vendor dan product. Apabila dijalankan manual dengan command modprobe akan terlihat seperti ini:

sudo modprobe usbserial vendor=0xde30 product=0x846a

Tapi jangan berpikir kalau anda tinggal menyimpan command di atas ke script dan memastikan script itu dijalankan setiap boot. openSUSE punya cara tersendiri untuk mengakomodasi kebutuhan ini.

Buka YaST. Masukkan password root apabila dibutuhkan. Di panel Groups sebelah kiri klik System. Di modul YaST sebelah kanan pilih /etc/sysconfig Editor.

Jendela /etc/sysconfig Editor terbuka. Di pohon kategori sebelah kiri navigasi ke: System -> Kernel dan pilih MODULES_LOADED_ON_BOOT. Di panel sebelah kanan anda akan melihat text field diatas kotak keterangan. Isikan nama module yang anda maksud ke text field tersebut. Dalam hal ini saya mengisikan usbserial.

Kalau sudah klik tombol OK. Akan muncul jendela konfirmasi. Klik OK lagi untuk menyimpan perubahan ke file.

Selesai. Apabila module yang anda butuhkan tidak memerlukan argumen apa-apa langkah anda cukup sampai diatas. Untuk mengujinya restart komputer anda dan jalankan command berikut untuk melihat apabila module anda sudah diload atau belum:

lsmod | grep usbserial

Ganti argumen usbserial dengan nama module yang anda maksud. Apabila ada output kira-kira seperti ini:

alam@susebox:~> lsmod | grep usbserial
usbserial              34513  0

itu berarti module-nya telah sukses di load.

Lalu bagaimana caranya apabila module yang digunakan memerlukan argumen tambahan, seperti yang disebutkan diatas? Untuk itu kita memerlukan pengubahan langsung terhadap file. File yang dibutuhkan dalam hal ini yaitu file /etc/modprobe.d/99-local.conf.

Format untuk baris argumen-nya sendiri seperti ini:

options [namamodule] [argumen1] [argumen2] [argumenN]

Sehingga apabila dibutuhkan argumen vendor dan product untuk module usbserial, baris konfigurasinya seperti ini:

options usbserial vendor=0xde30 product=0x846a

Ini contoh isi file tersebut:

alam@susebox:~> sudo cat /etc/modprobe.d/99-local.conf
#
# please add local extensions to this file
#
options usbserial vendor=0xde30 product=0x846a

Restart dan hubungkan device anda untuk melihat apakah module-nya sudah ter-load dengan baik.

Have fun with the modules!

7 Responses for “Load module Otomatis Ketika Boot”

  1. andhika says:

    Terima kasih atas artikelnya,
    Saya sudah coba artikel yang saudara tulis dan SUKSES (pada saat menjalankan “lsmod” muncul seperti yang saudara contohkan ). Namun modem saya (venus vt18) belum bisa dikenali (atau mungkin karena ada step yang saya lewati).

    Selama ini saya melakukan 3 perintah berikut di konsole setiap kali akan menggunakan modem saya berinternet :
    0. Saya tancap modem
    1. Saya ketik “eject /dev/sr1″ (menurut informasi, modem saya dikenali sebagai CDROM dengan pengenal seperti tersebut sehingga harus di unmount).
    2. Saya ketik “modprobe usbserial”
    3. Saya ketik “wvdial”
    Barulah saya dapat berselancar…

    Yang jadi pertanyaan saya, hal apa yang perlu saya lakukan agar setiap modem saya tancap, modem dapat langsung dikenali, tanpa melakukan perintah diatas (walaupun sebenarnya saya tidak masalah/keberatan kalaupun tetap harus melakukan 3 perintah diatas ;))

    Terima kasih.

  2. init7 says:

    @andhika
    sayangnya dalam kasus anda memang ada langkah lagi yang harus dilakukan, yaitu:
    “1. Saya ketik “eject /dev/sr1? (menurut informasi, modem saya dikenali sebagai CDROM dengan pengenal seperti tersebut sehingga harus di unmount).”
    jadi setelah menancapkan modem jalankan langkah diatas. setelah beberapa saat modem seharusnya sudah dikenali.

  3. patenpisan says:

    Klo pake usb_modeswitch gimana?

  4. buqento says:

    Saya meggunakan backtrack 4 pre-final, setelah melakukan upgrade, wifi saya tidak terdeteksi. Padahal modul berhasil diload. Sebelumnya wifi bisa terdeteksi. Kira-kira apa yang harus diseting? Terima kasih!

  5. init7 says:

    @buqento
    coba dipantau log sistem (sudo cat /var/log/messages | grep nama_module) saat proses load module, mungkin ada pesan yg bisa dijadikan petunjuk

  6. abe says:

    kalo pake opensuse 13.1 kok gak ada pilihan MODULES_LOADED_ON_BOOT ???

    nah caranya gmn kang biar bisa load otomatis juga di opensuse 13.1 ???

    mohon pencerahan

Comments are closed

Tutorial

Tutorial openSUSE

Archives

Copyright Komunitas openSUSE Indonesia 2007-2012
Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes