Device Driver untuk Perangkat Wireless RTL8191SEvA

Sepertinya sudah 1 tahun lebih pengendali perangkat keras (device driver) ini, rtl8192se, mulai masuk ke Open Build Service, namun baru bisa diuji (dan digunakan) oleh publik sejak 5 bulan yang lalu (saat tulisan ini dibuat). Sedangkan, saya baru menyadari bahwa paket ini sudah disertakan di ISO GNOME 3 sejak (kira-kira) 1 bulan kemarin, sejak menjelang GNOME 3 dirilis stabil (final).

GNOME 3 yang saya pakai tersebut berbasis Linux openSUSE 11.4, dan versi inilah yang saya gunakan pada tulisan ini.

Jadi, bagi anda yang menggunakan pengendali perangkat keras yang dipasang (install) masih melalui cara manual (dari paket tar.gz), lihat tautan ini (EN), maka saat ini anda dapat memasangnya dengan cara yang lebih mudah, menggunakan zypper (atau via YaST) dari repositori driver:/wireless/11.4-update di Open Build Service (OBS).

Dengan adanya paket RPM di OBS ini maka muncul kabar baik lainnya, yaitu Bug nomor 608060 (Bugzilla-Novell) akhirnya dapat diselesaikan (solved).. :)

Berikut adalah tahap pemasangannya (install):

Semua perintah-perintah baris di bawah ini dlakukan di terminal dengan menggunakan user root.

  1. Pastikan komputer openSUSE anda sudah dalam kondisi versi termutakhir (up to date):
  2. zypper refresh  && zypper update

  3. Tambahkan repositori driver:/wireless/11.4-update ke sistem.
  4. zypper ar http://download.opensuse.org/repositories/driver:/wireless/11.4-update wireless

  5. Install ketiga paket rtl8192se (saya menggunakan kernel-desktop); rtl8192se, rtl8192se-kmp-desktop, dan rtl8192se-firmware :
  6. zypper install rtl8192se rtl8192se-kmp-desktop rtl8192se-firmware

  7. Lakukan rebooting terhadap komputer anda untuk melihat hasilnya.

Aktifkan koneksi perangkat wireless-nya sesuai alat-bantu yang tersedia di desktop environment yang anda gunakan; plasmoid-networkmanagement di KDE4, atau nm-applet di GNOME 3 (atau 2.x).

Jika anda menggunakan desktop GNOME3, maka setelah proses rebooting dilakukan, lalu login ke desktop GNOME 3, maka anda akan melihat notifikasi dari NetworkManager di  Notifications and Messaging Tray-nya GNOME-Shell.

Lalu aktikan hubungan Internet yang anda pilih (dalam contoh gambar: “mkaa”) melalui nm-applet di sudut kanan atas desktop tersebut.

Selanjutnya anda akan berhasil terhubung ke Internet.. :)

Update:

  1. [9 Juni 2011] Kernel Linux 3.0 yang diperkirakan akan disertakan di openSUSE 12.1 (saat ini masih versi Milestone 1sudah memiliki pengendali perangkat wireless ini (terintegrasi) di dalam tree kernel-nya. Jadi setelah selesai memasang openSUSE 12.1, maka otomatis perangkat wireless ini akan langsung bekerja dengan baik.
  2. [10 Juni 2011] Catatan tambahan (dalam Bahasa Inggris) di blog opensuse-id.org.
http://download.opensuse.org/repositories/driver:/wireless/11.4-update

6 Responses for “Device Driver untuk Perangkat Wireless RTL8191SEvA”

  1. idulk says:

    mantap…….

  2. [...] to know on how to have the packages installed (or you might to see the tutorial in Bahasa Indonesia here) and look on the additional note [...]

  3. [...] yang sangat baik bagi pengguna wireless jenis chipset RTL8191SEvA, yaitu anda tidak perlu lagi memasang (install) program pengendalinya (device driver) secara manual. Setelah anda menjalankan kernel Linux 3.0 di distribusi openSUSE anda, maka perangkat wireless ini [...]

  4. sugi says:

    Mas/Pak laptop saya lenovo thinkpad amd13 menggunakan chipset jenis ini rtl8191seva begitu saya coba dengan live cd open suse 12.1 memang muncul di nm-applet nya tapi saat di geser pada posisi on tidak mau – di conection ada tulisan wireless is disamled by hardware aku sudah coba bermacam macam distro tetap sama saja mungkin ada solosinya? terimakasih.