openSUSE Multimedia Built on Susestudio

Terinspirasi waktu saya berangkat kesebuah daerah terpencil didaerah saya yang tidak ada koneksi internet, namun saat itu saya menemui kendala saat mencoba membagikan DVD installer openSUSE 12.1 kepada Para Siswa & Siswi , serta guru  di SMK tersebut, karena openSUSE 12.1 official bawaan memang tidak menyertakan codec Audio & Video dalam distribusinya karena persoalan Licensi GPL (General Public Licensi) yang di anut oleh distro openSUSE. untuk itu saya coba membuat openSUSE Multimedia yang siap digunakan oleh para pengguna tanpa harus tergantung dengan koneksi internet karena harus memasang Codec Audio & Video.

Tidak ada yang berbeda openSUSE 12.1 official dengan openSUSE Multimedia, saya hanya menambahkan beberapa Aplikasi yang tidak ada pada distribusi asli openSUSE serta menambahkan codec audio dan video  untuk dapat memutar file  Restricted formats , selain itu Aplikasi maupun library yang ada didalamnya sudah yang terbaru dari http://download.opensuse.org/update/12.1/ .

openSUSE Multimedia 32 bit Base openSUSE 12.1, menggunakan desktop default Gnome 3 dengan Cinnamon.
opensuse multimedia dibangun menggunakan susestudio.com, dan dirancang untuk siap digunakan bagi para pengguna yang ingin merasakan openSUSE namun kesulitan Koneksi internet, karena harus menginstall codec mp3,mp4,wmv dan beberapa restricted Format lainya .

Adapun beberapa paket yang termasuk di dalamnya adalah:

1. libreoffice
2. banshe
3. Amarok
4. Brasero
5. Cheese
6. Empathy
7. Xchat
8. flash-player
9. Gmplayer
10.Gimp
11.Imagewriter
12.k3b
13.Smplayer
14.etc …

Jika Anda ingin menggunakannya silahkan download disini

Thanks To : Tim openSUSE Indonesia, Kendari Linux User Group, dan Susestudio.com

Sumber :  http://saydulakram.com

5 Responses for “openSUSE Multimedia Built on Susestudio”

  1. Salam kenal,
    Saya penggguna baru opensuse dan setelah saya download selesai saya bingung tentang cara instalasi, bagaimana ya caranya??karena setelah saya bakar di DVD dan boot dgn DVD tidak ada perintanh untuk install, malah langsung masuk/sign in dengan telah ada satu user name dan meminta password,..mohon bantuannya..terimakasih..

    salam

  2. idulk says:

    iya mas di menu tampilan grub ndak ada opsi untuk install..jadi musti jalankan dulu di live dvdnya dan password loginya kendari
    untuk menginstall bisa melalui yast2 dan pilih live installer

  3. idulk says:

    klo ada masalah saat masuk ke desktop cinnamon….coba gunakan desktop gnome dgn merubah opsi dimenu login pada bagian session dengan memilih Gnome.

    thanks…klo ada maslaah lg jgn sungkan sungkan,….

  4. cahyo says:

    tlg dijelaskan dg lebih detail,,saat masukkan kendari knp g da respon dr dvd-nya?…..msh newbie nie..tlg dikasih pencerahan…

  5. duxacc says:

    Kalo ribet pakai opensuse, coba kubuntu dan fedora kde….ngebutttttttt

Leave a Reply

Tutorial

Tutorial openSUSE

Archives

Copyright Komunitas openSUSE Indonesia 2007-2012
Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes