openSUSE 13.2: lampu hijau untuk kebebasan!

Untuk para kontributor, teman-teman dan fans: openSUSE 13.2 telah rilis! Setelah setahun perencanaan, pemaketan, penambahan fitur baru, pengujian dan perbaikan bug, kami dengan sangat senang mengumumkan rilis stabil terbaru, dengan sentuhan hijau spesial kami: stabil, inovatif dan menarik.

 

opensuse 13.2Ini adalah rilis pertama setelah perubahan dalam mode pengembangan openSUSE, dengan tahap stabilisasi yang lebih pendek berkat pengujian secara luas setiap hari dalam distribusi bergulir yang saat ini digunakan sebagai dasar dari openSUSE rilis stabil. Sebuah keseimbangan sempurna antara inovasi dan stabilitas dengan tingkat kebebasan yang tinggi dalam pilihan yang pengguna openSUSE ingin gunakan.

openSUSE 13.2 …

 

inovatif
Inovatif
Dibangun di sekitar teknologi inovatif yang Linux tawarkan: Snapper untuk menggunakan fitur snapshot yang disediakan sistem berkas btrfs; Wicked untuk konfigurasi jaringan yang ringan, Dracut untuk memastikan waktu booting lebih pendek… Untuk pengguna yang meminta lebih inovatif, Plasma 5.1 (generasi KDE workspace berikutnya) juga disediakan sebagai pratinjau teknis.

 

halus
Halus
Versi ini menyajikan langkah pertama yang mengadopsi pedoman desain openSUSE baru. Perubahan grafis dapat dilihat dimana-mana: mulai dari penginstal, bootloader, urutan boot dan tujuh desktop yang didukung (KDE, GNOME, Xfce, LXDE, Enlightenment 19, Mate dan Awesome). Bahkan Plasma 5.1 juga telah disesuaikan agar sesuai dengan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

 

halus
Mudah
Penginstal baru openSUSE 13.2 hadir dengan beberapa perubahan yang dirancang untuk membuat proses instalasi lebih mudah dan lebih ramah bagi pengguna baru. Perubahan ini mencakup alur instalasi yang lebih sederhana, usulan otomatis yang lebih baik dan cerdas, opsi konfigurasi yang lebih rapi, dan tampilan baru. Selain itu, kami juga telah menyertakan beberapa alat untuk menyederhanakan program manajemen sistem, seperti alat manajemen konfigurasi AppArmor atau modul Snapper YaST.

 

“Dengan proses instalasi jauh lebih baik dan efisien, dan semua teknologi terbaru dari berbagai ekosistem open source, openSUSE 13.2 adalah pilihan yang sempurna untuk orang-orang yang menginginkan sistem operasi yang modern, stabil, dan melakukan tugasnya.” kata Richard Brown, Ketua dewan openSUSE.

 

Rincian

 

Untuk pengguna

 

kde
KDE
KDE 4.14 yang didedikasikan untuk mengenang Volker Lanz memberikan tampilan, nuansa, dan fitur yang sangat stabil dari dukungan jangka panjang Plasma Workspace (4.11.12) dan aplikasi-aplikasi dari Software Compilation (4.14.2) terbaru. KDE Telepathy menawarkan fitur seperti enkripsi off-the-record (OTR) untuk pesan instan, dukungan multi protokol dan satu set applet untuk Plasma Workspace. Aplikasi-aplikasi KDE yang membutuhkan multimedia sekarang didasarkan pada versi GStreamer 1.0, memungkinkan penurunan dependensi yang signifikan.

 

gnome
GNOME
GNOME 3.14 mencakup dukungan yang ditingkatkan untuk layar HiDPI dan perangkat masukkan MultiTouch, termasuk dukungan gerak. Manajemen jaringan dan kemampuan geolokasi juga telah ditingkatkan secara signifikan, serta integrasi Wayland. Semua aplikasi GNOME telah menerima banyak fitur baru dan perbaikan. Selain itu, ini merupakan rilis pertama openSUSE yang menyertakan GNOME Software, “toko aplikasi” untuk Desktop GNOME, yang terintegrasi dengan sistem standar manajemen paket openSUSE.

 

other
Lingkungan desktop lainnya
Ini merupakan rilis openSUSE pertama yang menyertakan MATE (1.8.1), menyediakan pengalaman desktop tradisional bagi para pengguna yang menyukai GNOME di openSUSE 11.4 (GNOME 2). Seperti halnya rilis sebelumnya, openSUSE 13.2 juga menyertakan XFCE (4.10), LXDE (0.55), Enlightenment 19 (0.19.0) dan Awesome (3.4.15). Semua desktop tersebut telah mendapat pambaruan dan perbaikan mulai dari tampilan yang terlihat sampai integrasi yang lebih baik dengan subsistem dasar seperti systemd dan upower.

 

Untuk Admin

 

virtualisasi
Virtualisasi
Disamping Linux Containers 1.0.6 dan solusi virtualisasi penuh yang biasa disediakan openSUSE (dengan QEMU 2.1 dan VirtualBox 4.3.18), rilis ini juga menyertakan Docker 1.2 yang secara bersamaan tersedia juga image openSUSE 13.2 di Docker Hub, membuat openSUSE menjadi sistem sempurna untuk mendistribusikan aplikasi.

 

yast
Peningkatan YaST
Beberapa bagian dari YaST telah diperbaiki dan dibersihkan setelah konversi otomatis dari bahasa YCP ke Ruby yang disertakan di 13.1. Dibandingkan dengan versi itu, YaST baru lebih cepat, lebih stabil dan lebih terintegrasi dengan systemd, Btrfs dan teknologi terbaru lain yang disertakan didalam openSUSE 13.2. Proses instalasi baru dengan menghilangkan tahap akhir, membuat profil AutoYaST lengkap dan dapat digunakan kembali tanpa harus melakukan instalasi yang sebenarnya.

 

Untuk pengembang

 

tools
IDE dan alat
Rilis ini menawarkan versi terbaru dari fitur lengkap IDE KDevelop (4.7.0), versi terakhir yang berdasarkan platform pengembangan KDE 4.x. Selain untuk C++, terdapat juga pengaya untuk dukungan yang luas bagi bahasa tambahan, seperti PHP atau Python. Selain itu, versi terbaru dari beberapa IDE populer juga disertakan seperti Anjuta 3.14 dan dua varian Qt Creator 3.2.1 (untuk Qt4 dan Qt5).

 

keamanan
Pustaka dan Bahasa pemrograman
KDE Frameworks 5, serangkaian pustaka pengembangan diatas Qt5 yang dibuat oleh KDE hadir di rilis stabil terbaru (5.3.0). Pustaka yang berdampingan dengan versi 4.x memungkinkan pengembangan aplikasi berbasis KF5 dalam workspace berbasis 4.x stabil. Di sektor bahasa dinamis, pemaketan Ruby kini lebih mudah. Butuh JRuby? Ingin Rubinius? Tidak masalah. Kami dapat melakukannya. Tidak hanya Ruby yang telah diperbarui (2.1.3), tetapi juga Python (2.7.8 dan 3.4.1), PHP (5.6.1), Perl (5.20) dan banyak lainnya.

 

“Saya sangat suka fleksibilitas, alat dan manfaat dari openSUSE dan saya sendiri bersemangat untuk menggunakan openSUSE 13.2. Ini adalah rilis hebat lainnya dari openSUSE project termasuk teknologi hulu terbaru yang dibawa bersama kedalam distribusi hebat.” kata Michael Miller, Wakil Presiden Global Alliances dan pemasaran untuk SUSE.

 

Dapatkan

 

Unduh openSUSE 13.2 di http://software.opensuse.org/132. Kami merekomedasikan untuk memeriksa Catatan Rilis (dalam bahasa inggris) sebelum melakukan upgrade atau instalasi.

Pengguna yang sedang menggunakan openSUSE 13.1 dapat melakukan upgrade ke openSUSE 13.2 melalui petunjuk pada tautan ini.

Periksa image ARM di wiki ARM. Tersedia image berbasis 13.2 stabil untuk ARMv7 dan ARMv8 (AArch64) dan akan menerima pemeliharaan penuh bersama 13.2. Port ARMv6 merupakan percobaan dan tidak diberikan jaminan.

Terima kasih

 

13.2 merupakan upaya gabungan dari ribuan pengembang yang berpartisipasi dalam distribusi dan proyek yang disertakannya. Para kontributor, didalam dan diluar proyek openSUSE seharusnya bangga dengan rilis ini dan mereka pantas mendapatkan “terima kasih” untuk semua kerja keras dan usaha yang telah dilakukan. Kami percaya bahwa 13.2 adalah rilis openSUSE terbaik, dan itu akan membantu untuk mendorong penggunaan Linux di mana-mana! Kami berharap bahwa Anda bisa merasa bahagia ketika menggunakannya, dan kami berharap untuk melanjutkan bekerja sama dengan Anda di versi berikutnya!

Tentang openSUSE Project

 

openSUSE Project adalah komunitas global yang mempromosikan penggunaan linux dimana-mana. Menciptakan salah satu distribusi Linux terbaik di dunia, bekerja bersama dalam keterbukaan, transparan dan ramah sebagai bagian dari komunitas Free and Open Source Software global. Proyek ini dikendalikan oleh komunitas dan bergantung pada kontribusi individu, yang bekerja sebagai penguji, pencipta, penerjemah, ahli usability, seniman dan duta atau pengembang. Proyek ini merangkul berbagai macam teknologi, orang-orang dengan berbagai tingkat keahlian, berbicara bahasa yang berbeda dan memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di opensuse.org

1 Response for “openSUSE 13.2: lampu hijau untuk kebebasan!”

  1. handi says:

    Saya coba install OpenSuse 13.2 melalui DVD maupun FlashDisk, tapi setelah pilih Installation dan loading kernel selesai, selalu komputernya merestart dan kembali ke menu instalasi lagi. Apa ya masalahnya? Terimakasih.

Comments are closed

Tutorial

Tutorial openSUSE

Archives

Copyright Komunitas openSUSE Indonesia 2007-2012
Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes