Instalasi Flash Player

Video Streaming merupakan salah satu aktifitas berkomputer untuk melihat atau menonton secara langsung video yang tersimpan di internet melalui browser. Agar fitur ini bisa digunakan, komputer harus sudah terinstal paket aplikasi agar browser bisa memutar video.  Untuk kebutuhan internet, kebutuhan video streaming layak untuk dipertimbangkan. Walau sesungguhnya hal tersebut tidaklah menjadi suatu keharusan bagi pengguna internet, namun dalam keadaan tertentu misal untuk mendapatkan video tutorial melakukan video streaming menjadi salah satu hal yang wajib.

Di openSUSE khususnya, secara default paket flash installer belum terinstal sehingga anda harus menginstalnya secara manual. Meski demikian, untuk melakukannya tidak lagi harus mengkonfigurasi secara manual. Jika anda seorang yang mempunyai skala kecil dalam penggunaan terminal bisa dilakukan melalui Software Manager sepertiApper.

snapshot1

Penggunaan GUI relatif lebih mudah untuk mencari beragam aplikasi sehingga dapat meminimalisir kesalahan – kesalahan tertentu. Akan tetapi sebagian pengguna juga lebih suka menggunakan terminal karena alasan lebih menantang, lebih canggih dan lain sebagainya. Namun intinya sama, yaitu mendapatkan aplikasi yang diinginkan.

snapshot2

Kembali ke topik pembahasan, untuk mengaktifkan fitur video streaming ada dua hal yang perlu anda lakukan. Yaitu menginstal paket flash player untuk semua browser dan menginstal paket flash player untuk Chromium (jika anda menginstalnya). Opsi untuk Chromium, sebenarnya anda tidak lagi harus menginstal paket flash player jika telah menggunakan Google Chrome.

Berikut adalah langkah – langkah proses instalasinya.

  1. Pastikan bahwa tidak ada browser yang aktif (keadaan ini lebih baik)
  2. Jika anda menggunakan Apper, ketik flash-player dan chromium-pepper-flash kemudian klik tombol install
  3. Jika anda menggunakan terminal, login terlebih dahulu sebagai root
  4. Untuk mendapatkan paket flash ketik di terminal zypper install flash-player chromium-pepper-flash

snapshot3

Selamat mencoba

Comments are closed

Tutorial

Tutorial openSUSE

Archives

Copyright Komunitas openSUSE Indonesia 2007-2012
Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes