Mengaktifkan Tombol Windows (SuperKey) di KDE

Tombol Windowin-keyws atau tepatnya tombol keyboard dengan logo Windows berfungsi untuk mengakses menu. Di beberapa distro yang menggunakan desktop KDE seperti openSUSE, tombol windows ini belum bisa dipakai secara default, sedangkan agar bisa mengakses menu biasanya menggunakan kombinasi keyboard dengan menekan tombol alt+f1 . Cara tersebut relatif tidak sederhana bahkan terkesan kaku. Agar tombol Windows ini bisa berfungsi di desktop KDE, kita harus terlebih dahulu menginstal aplikasi yang bernamaKSuperkey.

Aplikasi ini dibuat oleh Hanschen yang bisa dilihat di url https://github.com/hanschen/ksuperkey. Saya pernah membuat tutorial serupa yang bisa diakses di url http://blog.muksidin.net/2013/06/mengaktifkan-fungsi-tombol-superkey.html . Proses instalasi yang dijelaskan di tutorial tersebut dilakukan secara manual yaitu dengan cara mengkompilasi source code-nya. Lain halnya pada tutorial kali ini, instalasi KSuperkey di openSUSE relatif lebih mudah bahkan sangat mudah karena KSuperkey telah tersedia di repositori openSUSE. Seperti biasa kita buka urlhttp://software.opensuse.org/ kemudian ketik di kolom pencarian dengan nama ksuperkey.

snapshot39

 

Setelah menginstal KSuperkey anda belum bisa langsung menggunakannya melainkan harus dikonfigurasi terlebih dahulu. Berikut langkah – langkahnya.

  1. Pastikan KSuperkey telah berhasil di instal
  2. Buka terminal kemudian ketik ksuperkey
  3. Selanjutnya kita konfigurasi application launcher (dalam hal ini saya menggunakan Homerun kicker) dengan klik kanan dan pilih Homerun Kicker Settings. Selanjutnya pilih Keyboard Shortcut dan isi dengan kombinasi tombol keyboard alt+f1.snapshot37
  4. Agar KSuperkey bisa otomatis start pada saat booting, maka perlu dilakukan juga konfigurasi dengan melalui menu Settings / Configure Desktop kemudian pilih Startup and Shutdown. Pada pilihanAutostart  tekan tombol Add Script kemudian isikan dengan ksuperkey. Pada opsi radio button Create as Symlink pilih saja uncheck.snapshot38

Sampai disini konfigurasi KSuperkey selesai. Selamat Mencoba .

Catatan

Pengaturan shortcut keyboard di semua jenis launcher KDE sama.

Comments are closed

Tutorial

Tutorial openSUSE

Archives

Copyright Komunitas openSUSE Indonesia 2007-2012
Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes