Mengubah Nero Image (NRG) Menjadi ISO Image

Artikel ini merupakan saduran dari artikel pada blog Zarathustra di Linux.or.id. Artikel ini dimasukkan mengingat informasi yang diberikan cukup penting dan bisa diterapkan pada OpenSUSE dengan mudah.
Salah satu kesulitan migrasi OS adalah ketidak kompatibelan aplikasi. Hal ini seringkali menjadi kendala. Banyak file yang telah disimpan dengan format yang biasa digunakan harus “nganggur” karena tidak tahu dan belum menemukan converted untuk merubahnya agar dapat digunakan di sistem operasi yang baru. Seringkali kita kesulitan mengatasinya, walaupun apabila kita telah mengetahui caranya kadangkala cara mengkonversinya sangat mudah dan tanpa menggunakan tools yang aneh-aneh, cukup menggunakan aplikasi built-in yang dibawa oleh sistem operasi kita yang baru ini.

Nero Burning, sebuah aplikasi CD Burner yang beroperasi di sistem operasi Windows merupakan salah satu aplikasi yang memiliki format sendiri (.nrg) yang tidak dikenal oleh aplikasi CD Burner yang ada di sistem operasi Linux, baik itu K3B, Gnomebaker, dan aplikasi CD Burner lainnya. Lalu apakah kita harus menyerah dengan keadaan ini? membuang semua file backup yang sudah terlanjur kita simpan dengan format .nrg yang notabene adalah aplikasi CD Burner yang hanya beroperasi disistem operasi Windows? menyerah takluk dan dengan sangat terpaksa membatalkan proses migrasi?

Tidak perlu berkecil hati, tidak dapat menggunakan file .nrg di Linux bukan berarti kita tidak dapat menggunakan sama sekali file tersebut. Yang perlu kita lakukan adalah mengconversinya menjadi format file yang dimengerti oleh aplikasi CD Burner yang ada di sistem operasi Linux tersebut dalam hal ini adalah format .iso

Sangat-sangat-sangat mudah untuk melakukan ini, anda hanya cukup melakukan 1 baris perintah dan file backup dengan format .nrg anda siap digunakan di sistem operasi Linux.

Sebelumnya perlu diketahui Nero hanya menyimpan setting aplikasinya di 300kb (307200 bytes) pertama dari format .nrg dengan kata lain bisa di analogikan seperti ini:

300kb + .iso = .nrg

Saya rasa dari analogi tersebut anda sudah menangkap apa yang saya maksudkan. Kita hanya perlu membuang 300kb pertama maka kita akan mendapatkan file dengan format .iso yang bisa kita gunakan di semua aplikasi CD Burner yang ada di Linux. Lalu bagaimana caranya? Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya, anda hanya perlu 1 baris perintah untuk melakukannya. HANYA 1 BARIS!

Anda cukup menggunakan perintah dd yang ada di Linux dan anda akan mendapatkan file .iso yang dapat digunakan di semua aplikasi CD Burner di sistem operasi Linux:
dd bs=1k if=namafile.nrg of=namafile.iso skip=300

Mudah bukan? So, jangan pernah berasumsi migrasi itu mustahil, kita hanya belum mengetahui caranya, apabila telah mengetahuinya niscaya proses migrasi akan sangat mudah dilakukan. Goodluck!

Catatan : Cara lain adalah langsung menggunakan aplikasi NeroLinux. Sayangnya, aplikasi ini berbayar :-(

Tutorial

Tutorial openSUSE

Archives

Copyright Komunitas openSUSE Indonesia 2007-2012
Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes