Instalasi OpenSUSE Melalui Internet

Instalasi OpenSUSE melalui internet untuk kondisi di Indonesia mungkin belum memungkinkan untuk semua daerah. Ini terkait dengan masalah kecepatan koneksi internet. Meski demikian, untuk beberapa wilayah, akses ini sudah memungkinkan, apalagi untuk pelanggan dengan kecepatan internet hingga xx Mbps.

Instalasi OpenSUSE melalui internet tidak jauh berbeda dengan Instalasi OpenSUSE melalui jaringan. Letak perbedaannya hanya pada protokol yang digunakan, yaitu ftp atau http. Pada instalasi OpenSUSE melalui jaringan, pilihan sumber instalasi jauh lebih banyak, bisa meggunakan NFS, Samba, http maupun ftp.

Berikut adalah langkah-langkah instalasi OpenSUSE melalui internet :

  1. Download mini boot CD sebesar 35 MB dari mirror OpenSUSE. Nama filenya adalah openSUSE-10.2-GM-i386-mini.iso. Sesuaikan dengan versi distro yang digunakan.
  2. Burning mini boot CD
  3. Tentukan dan catat lokasi repositori OpenSUSE yang akan digunakan. Lihat daftarnya dari halaman repositori OpenSUSE.
  4. Boot komputer melalui CD
  5. Setelah muncul tampilan awal install, tekan F4
  6. Pilih http atau ftp
  7. Masukkan Server Name dan Installation Directory
  8. Pilih Install

OpenSUSE akan memulai proses instalasi dengan terlebih dahulu melakukan loading kernel dan melakukan download base installation system sebesar 70 MB. Urutan proses instalasi berikutnya tidak akan jauh berbeda dengan urutan pada instalasi menggunakan CD/DVD.

Jika mengalami masalah pada saat melakukan koneksi ke repositori, periksa kembali isian yang dimasukkan. Silakan baca panduan pada Instalasi OpenSUSE melalui jaringan karena pola pemasukan isiannya sama dan identik.

Tutorial

Tutorial openSUSE

Recent Posts